SOLO : PETUALANGAN JURUG

Kontes Tulisan Tentang Solo




    Mendengar kebun binatang, banyak yang lansung menuju ke Gembira Loka atau kebun binatang yang lainnya.

         Eitzzz… jangan salah. Jika kalian tinggal di Solo atau pergi ke Solo, kalian akan menemukan kebun binatang di dekat pinggir sungai Bengawan Solo. Kebun binatang di Solo ini juga tak kalah menariknya dibandingkan dengan kebun binatang yang lainnya. Lokasi yang strategis menjadikan tempat yang cocok untuk berkreasi bersama keluarga atau berpetualang disana.

        Berawal dari agenda study tour anak – anak PAUD di salah satu PAUD di kota Solo, saya bersama pengasuh yang lain merencanakan untuk study tour sesuai dengan tema pembelajaran tentang “Binatang”. Karena pelajaran bertema tentang binatang, pembelajaran di lapangan kami harus mengenalkan secara langsung macam – macam binatang kepada anak – anak. Saat itu kami langsung tertuju pada satu tempat, yakni “JURUG” yang lokasinya tak jauh dari sekolah. Setelah direncanakan semuanya, akhirnya kami bersama anak – anak bisa berangkat menuju kesana.

      Taman Wisata Jurug atau dikenal dengan Kebun Binatang Jurug, merupakan salah satu kebun binatang yang terkenal di Solo tepatnya berada di jalan Ir. Soetami no. 40, Solo (dekat kampus Universitas Sebelas Maret (UNS)). Letaknya yang strategis di pinggir sungai Bengawan Solo dekat jalan utama yang menghubungkan Solo – Karanganyar memudahkan untuk dijangkau.
Sesampainya disana dan membayar tiket, kami langsung masuk ke dalam kebun binatang.     “Waaaahhh…” gumam anak – anak ketika mereka sudah berada di dalam. Kedatangan kami disambut pepohonan rindang di kanan kiri jalan setapak yang kami lalui. Anak – anak terlihat sangat bersemangat menjelajahi lokasi. Tempat yang nyaman, bersih dan para petugas yang ramah membuat kami merasa betah.

         Ada ratusan flora dan fauna di Jurug. Ada harimau, gajah, beraneka burung, ular, rusa, unta, dan aneka macam satwa lainnya. Banyak juga tumbuhan yang ditemui disana. Ada akasia, trembesi, cemara, pinus, dan lain sebagainya.

Anak – anak terlihat sangat antusias bertanya tentang binatang yang berada di dalam kandang.
“Amah… itu hewan apa?”

“Ternyata gajah itu besar sekali ya? Ayo kita naik gajah, amah…”

“Amah… kenapa bebeknya bisa berenang ya.”

“Kenapa orang hutannya di kandang? Kasihan ya, amah…”

Bla… bla.. bla…

       Banyak sekali pertanyaan yang diajukan dan mereka sangat aktif. Mereka juga ikut memberi makan beberapa binatang yang berada di dalam kandang dengan makanan yang sudah disediakan petugas. Beberapa anak yang lainnya menaiki gajah dan unta.

     Setelah puas berjalan – jalan melihat binatang, kami menaiki kereta mini atau biasanya disebut dengan kereta kelinci. Dengan kereta mini tersebut kami bisa mengelilingi seluruh lokasi kebun binatang dan melihat banyak binatang dari kereta.


     Puas melihat – lihat dan berpetualang, kami beristirahat di bawah pohon dekat tempat bermain dan makan siang bersama dengan bekal makan siang yang sudah kami bawa. Selesai makan, kami semua bermain bersama di taman bermain. Melihat keceriaan dan kebahagiaan yang anak – anak yang menikmati petualangan serasa saya ingin meneteskan air mata. Mereka bisa belajar banyak hal yang disini dan tentunya sangat bermanfaat bagi anak – anak.

     Terimakasih Solo yang sudah memberikan taman wisata di Solo. Kebun binatang disini mampu menjadikan anak – anak didik kami pandai. Solo is the Best. Solo… kota wisata sekaligus kota pelajar bagi saya dan yang lainnya.

“Amah…. Besok main kesini Lagi ya.”

“Iya amah… mau naik gajah yang besar.”

“Bukan… bukan gajah…. Unta.”

“Bukan… bukan…”

Anak – anak ribut sendiri – sendiri dan membuat kami semua tertawa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

By :

By :

AVRIL Lavigne - My Happy Ending